Rabu, 03 Agustus 2011

TV Toshiba type 20A1E

Kerusakan; TV normal, hanya remote tidak respon.
Perbaikan; Setelah kaki sensor remote di TV dan kaki IC program yang berhubungan dengan kaki sensor (lewat R=1K) disolder ulang, remote langsung respon. Tapi setelah agak lama, kadang mau kadang tidak mau respon lagi. Selanjutnya semua kaki IC program dan sekitarnya saya solder ulang. Sekarang tv bisa di remote.
IC program= TMP87ck38N-3560.
FBT=TFB4122CY
Tapi 4 hari kemudian pemiliknya bilang, tv tidak bisa di-remote lagi.
TV saya buka dan ukur tegangan pada kaki signal sensor, terukur sekitar 1,2V dan saat tombol remote ditekan tegangan turun sedikit kemudian kembali sekitar 1,2V. Ini berarti tidak normal. Sensor saya lepas dan ternyata dipangkal kaki sensor berkarat. Langsung sensor saya ganti. Setelah diganti, tegangan pada kaki signal dari sensor terukur sekitar 4,5V dan saat tombol remote ditekan tegangan turun sedikit kemudian kembali sekitar 4,5V. Kaki signal dari sensor ke IC program lewat R35=1K. Tegangan di IC program juga sama. Ini artinya normal. Sekarang TV normal kembali.
Cara mencari kaki sensor remote, mana yang signal/+/G sbb:
Saat kaki G dari sensor dapat kabel merah AVO meter dan kabel hitam AVO meter dihubungkan dengan kaki2 yang lain (Signal/+) jarum menyimpang sedikit. Setelah kaki G ditemukan, kita mencari yang mana kaki + dan yang mana kaki signal. Saat kaki G dihubungkan dengan kabel hitam AVO meter dan kabel merah dihubungkan dengan kedua kaki sensor yang lain, maka yang menunjukkan simpangan jarum meter lebih pendek adalah kaki signal dan yang menunjukkan simpangan jarum meter lebih panjang adalah kaki +.
Mungkin bisa bermanfaat untuk rekan2 pemula. Akhirnya salam saya untuk semua rekan2 dan semoga sukses.

2 komentar:

  1. share pengalaman yg bagus, thank u very much!!!

    BalasHapus
  2. Mas Santoso @ trimakasih atas supportnya. Salam saya..

    BalasHapus