Sabtu, 19 Januari 2013

TV SAMSUNG CS-29Z40MN

Kerusakan: Suara normal layar gelap. Pemeriksaan: Tegangan katoda R,G dan B terlalu tinggi, sekitar 180V. Tegangan R,G dan B pada input IC TDA6107 sekitar 1V (ini terlalu rendah, normalnya antara 2-2,5V). Langkah berikutnya, resolder bagian yang retak2 dan juga pin IC program yang merangkap chroma,vertikal,horisontal. TV ini pakai IC tunggal=VCT49X3F PYF1000. Kemudian IC TDA 6107JF diganti. Setelah diganti tegangan katoda R,G,B normal dan gambar/tv normal kembali. Jadi bila IC TDA6107JF rusak, bisa menyebabkan tegangan R,G,B out dari IC tunggal yang diumpankan ke input TDA6107JF drop mendekati 1V. Skarang tv sudah menyala tapi gambar terlalu tinggi. Langkah selanjutnya kondensator bagian vertikal C304=100uF/50V dan C309=10uF/16V diganti. Tapi gambar masih terlalu tinggi.---->Masuk factory adjustment. TV posisi standby: tekan secara berurutan INFO(DISPLAY)-MENU-MUTE-POWER ON. Saat daftar menu factory adjusment tampil, tinggi gambar tiba2 menjadi normal. Padahal belum dilakukan adjustment. Kemudian tv dimatikan, dan sesaat kemudian di-on-kan lagi --->gambar tetap normal. FBT=FUH29A001V ; IC regulator=IC810S=STRX6750 ; Hor out=J6810A ; IC vertikal=LA78045 Mudah2an bermanfaat bagi rekan2 yang belum pernah mengalami dan akhirnya salam saya untuk semua rekan serta semoga sukses.

7 komentar:

  1. Terimakasih juga atas kunjungannya.

    BalasHapus
  2. agak rumit juga ya mas untuk memperbaiki tivi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih rumit bikin tulisan dan blog yang bagus mbak Rini. Saya malah merasa minder lho, saat baca tulisan2 di blog mbak Rini. Terimakasih mbak Rini atas kunjungannya.
      Salam saya:)

      Hapus
  3. kenapa bisa minder mas wkwkwk saya rasa tulisan saya biasa aja kok, nggak bagus-bagus amat :) karena sampai saat ini saya masih terus belajar tentang tata cara menulis artikel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Rini sudah mau mampir lagi. Terimakasih juga atas motivasi nya. Salam saya:)

      Hapus
  4. Makasih Mas sangat bermaaf membantu sekali

    BalasHapus