Kamis, 14 Juli 2011

TV JVC type AV-B14T-SC

Kerusakan: Suara normal,layar gelap, OSD ada, tombol panel kacau.
perbaikan: Setelah resolder, switch push-on tombol panel diganti. Setelah diganti, tombol panel berfungsi normal tapi gejala tetap sama. Hasil pengukuran, menunjukkan B+, 12V, 9V, 5V, 180V, G2 dan ABL normal. Hanya tegangan katoda R,G dan B terlalu tinggi = 150V. Tegangan pada basis transistor penguat akhir warna R,G dan B =2V --> artinya tidak normal (kurang tinggi). Selanjutnya IC memory 24CO4 saya ganti dengan yang baru (kosongan).Setelah diganti, layar nyala biru (karena tegangan katoda biru jadi normal), tapi tegangan katoda merah dan hijau tetap tinggi. Dari data pengukuran dan penelusuran lebih jauh serta saran2 dari rekan2 (mas Bonny, mas Alex, mas Budy, mas Arull & Gelora Elektronik), disimpulkan untuk mencoba mengganti IC memory 24CO4. IC aslinya saya copy ke IC kosongan kemudian dicoba lagi dan hasilnya layar tetap hanya nyala biru. Karena remote aslinya sudah tidak ada, untuk masuk service mode saya coba dengan remote universal VISERO RM109. Saat tv nyala/on, saya tekan mute dan display (di remote)bersamaan. Awalnya tidak ada respon, tapi setelah saya coba beberapa kali tiba2 gambar keluar sesaat kemudian layar berubah putih (sepertiga bagian pada layar sebelah kiri lebih terang) terang sekali. Kemudian tv saya off-kan. Setelah itu tv di-on-kan lagi -->ternyata sekarang gambar normal. Mungkin ada diantara rekan2 yang bisa menjelaskan, mengapa bisa demikian. Langkah berikutnya, saya coba auto search--->normal. TV saya off-kan, kemudian di-on-kan lagi--->tetap normal. Lewat tulisan ini saya ucapkan terimakasih pada rekan2 yang telah memberikan saran2 dan juga salam saya untuk rekan2 yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar