Minggu, 20 Januari 2013

TV FUJITEC type FTC-1428

Kerusakan : mati. Perbaikan: ternyata transistor horisontal out=D2499, antara kaki B-C bocor sedikit sehingga B+ hanya sekitar 50V. Setelah diganti, B+ naik menjadi 175V--->VR631(VR B+) diatur sehingga B+ = 110V. Saat tv di-on-kan, suara normal tapi layar gelap. Ternyata teg katoda R,G,B mendekati 180V (terlalu tinggi). Tegangan keluaran R,G,B dari IC LA76810A hanya sekitar 1,4V (normalnya sekitar 2,5V). Selain itu, ternyata B+ tidak stabil---> kadang naik 160V, kadang 300V.-->ini karena C641=100uF/160V kering. Setelah diganti, B+ stabil. Langkah berikutnya IC 24CO8A diganti.--->Sekarang tegangan keluaran R,G,B dari IC LA76810A langsung naik jadi 2,8V (normal).----> TV normal kembali. Salam saya untuk semua rekan.

3 komentar:

  1. nggak paham saya mas :) tapi blog nya bagus banget kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Rini, sudah berkenan mampir dan memberi masukan. Jujur setelah membaca tulisan2 mbak Rini, saya merasa perlu belajar banyak. Semula saya mengasumsikan pembaca adalah rekan2 teknisi saja.
      Salam saya.

      Hapus
  2. maaf saya punya tv futijec lama type lupa sangat lama sekali (mahal kenangannya) waktu dinyalakan bunyi criitttt dan pernah service FBT diganti entah bagaimana sehingga jalurnya ditambahi kabel2.
    jika boleh tahu yang harus dicek apa saja ? jika dilihat TR Horizontal memakai D1554 apakah ada persamaannya (pengganti D1554 tersebut) kemarin saya ganti C5914 jebol.
    terima kasih
    ynnrny@gmail.com
    Nurany

    BalasHapus