Minggu, 10 Juli 2011

TV Sansui SV-M2010J

Kerusakan: mati total.
Pemeriksaan: Seperti biasanya dilakukan pengukuran B+ dan ternyata tegangan kecil sekali. Ternyata pada keluaran B+ terpasang diode IN5408 terhadap ground. Entah siapa yang memasang, padahal seharusnya diode zener R2M yang fungsinya untuk pengaman bila B+ melonjak naik diatas normal. Pengamatan secara visual ditemukan juga R708 hangus tapi masih bisa diukur dan menunjukkan nilai 3K9--->diganti 3K9/2W.
R707 terpasang 3 buah 3,3/0,5W diparalel (pernah diganti oleh teknisi lain??), karena agak hangus --->diganti 1,8/1W.
R705 hangus tapi masih bisa diukur dan menunjukkan nilai 100K/1W--->diganti 200K/0,5W (karena saya tidak punya 100K/1W.
Langkah selanjutnya tv saya on-kan ---> timbul suara denging dan B+ kecil/drop. Periksa transistor hor out = D1555, ternyata bocor/rusak. Setelah transistor diganti, ternyata B+ masih kecil/drop dan ada suara denging. Bila transistor hor out dilepas, B+ normal dan tidak ada suara denging. Penelusuran selanjutnya ditemukan D708=IN4148 short (anoda dioda ini berhubungan dengan kaki fbt). Setelah digant, tv dicoba di-on-kan lagi dan ternyata B+ hanya sekitar 10V. Transistor hor out saya periksa lagi, ternyata rusak lagi. Hal ini karena D708 yang short tadi. Transistor hor out saya ganti lagi. Sekarang saat tv di-on-kan (socket CRT dan chop anoda dilepas)-->dari fbt (dekat pot fokus) keluar bunga api dan dari socket crt juga keluar bunga api. Ternyata ada lubang kecil pada fbt (dekat pot fokus)--->saya tambal dengan lem araldit. Setelah lem kering tv di-on-kan lagi dan sekarang semua tegangan normal. Kemudian chop anoda dan socket crt saya pasang, dan tv di-on-kan -->suara ada tapi layar gelap. Langkah berikutnya cek crt. Caranya: Filamen diberi tegangan 4,5VAC dari trafo 1A. Tunggu beberapa saat, setelah itu dilakukan pengukuran nilai resistansi antara kisi G1 terhadap katoda merah, hijau dan biru. AVO meter pada BU=1K, kabel hitam AVO dihubungkan ke G1 dan kabel merah AVO dihubungkan ke katoda merah,hijau dan biru (bergantian). Ternyata hasil pengukuran:G1->KB, G1->KG, G1->KR jarum AVO meter tidak jalan sama sekali yang artinya CRT sudah tidak bisa dipakai lagi. Karena pemilik tidak mau ganti CRT, terpaksa kerja bakti..he he he. Sekedar catatan: R224=10K/1W ;R701=10/1W ;C708=100Kp/200V ;R4183,3/0,5W ;C715=10uF/250V ;C729=100uF/25V.
FBT=JF0501-0501 (122-251181-06-00). Akhirnya salam saya untuk semua rekan2.

2 komentar:

  1. oalah sidane kerja bakti kang....sabar yo mengko rakyo oleh seko liyane

    BalasHapus
  2. matursuwun mas, atas supportnya. Salam saya..matursuwun mas, atas supportnya. Salam saya..

    BalasHapus